Ringkasan Definisi, Perkembangan, Kategori Desain Grafis dan Definisi Prinsip Animasi

Desain grafis adalah sebuah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. ... Ilmu tentang desain grafis biasanya sering disebut Desain Komunikasi Visual (DKV).
Seorang Desainer harus memiliki minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yaitu :
1.           Wawasan Teknologi
2.           Wawasan Sains
3.           Wawasan Seni
4.           Wawasan Sosial Dan Budaya
5.           Wawasan Filsafat Dan Etika
(Point satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.)
6.           Kemampuan olah nirmana (Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.)
7.           Software Desain Grafis (Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya.)

Perkembangan Desain Grafis

     Sejarah awal : Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain).
     Era Cetak : Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur.
     Desain grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan mesin cetak. Pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Kategori Desain Grafis

     Desain grafis sendiri secara garis besar dibedakan menjadi lima kategori, yaitu printing, web desain, film, identifikasi yang juga sering disebut logo, dan desain produk. Di mana masing-masing kategori tersebut erat kaitannya dengan komunikasi grafis.
      Printing (Percetakan). Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak.
      Web Desain. Web desain adalah istilah umum yang digunakan mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.
      Film. Desain grafis yang berkaitan dengan industri perfilman dan TV atau Film.
      EGD (Environmental Graphic Design), Identifikasi (Logo). Kedua bidang (EGD dan Logo) merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
      Desain Produk. Desain produk bisa disebut juga sebagai Industrial Design yang merupakan bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Definisi Animasi

Hasil gambar untuk Animation definition

     Animasi merupakan grafika yang dimana menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek tersebut terlihat hidup. Dengan perencanaan yang benar dan matang maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk di tonton. Jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan gerak suatu objek pada layar. Sedangkan orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.
     Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.

Prinsip Animasi

 Ada dua belas prinsip animasi, diantaranya adalah:

1. Kemampuan Menggambar (solid drawing).
2. Menekan dan Melentur (Squash and Stretch).
3. Antisipasi (Anticipation).
4. Tata Gerak (Staging).
5. Straight Ahead and Pose to Pose.
6. Gerakan Mengikuti.
7. Slow In and Slow Out.
8. Konstruksi Lengkung (Archs).
9. Penentuan Waktu (Timing).
10. Gerakan Pendukung (Secondary Action).
11. Melebihkan (Exaggeration).
12. Daya Tarik (Appeal).

Sumber :
https://uprint.id/blog/desain-grafis/
http://yeftahblog.blogspot.com/2012/10/sejarah-perkembangan-desain-grafis.html
https://idseducation.com/articles/apa-itu-animasi/
https://dkv.binus.ac.id/2010/04/14/12-prinsip-animasi/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Manajemen Layanan ?