Pohon Keputusan


Nama : Muhammad Alvin Felano
NPM : 14116707
Kelas : 3KA23


Berdasakan tabel diatas akan dibuat tabel keputusan untuk menentukan main tenis atau tidak dengan melihat keadaan Outlook , Temperatur, Humidity , dan windy.

Perhitungan Gain


Keterangan:
   - S : himpunan
   - A : atribut
   - n  : jumlah partisi atribut A
   - | Si | : jumlah kasus pada partisi ke-i
   - | S |  : jumlah kasus dalam S

Menghitung Nilai Entropy


  

Keterangan:
S : himpunan kasus
A : fitur
n  : jumlah partisi S
pi : proporsi dari Si terhadap S

Perincian algoritma ( langkah 1)

·                Menghitung jumlah kasus seluruhnya, jumlah berkeputusan “Yes” maupun “No”.
·                Menghitung Entropy dari semua kasus yg terbagi berdasarkan atribut “Outlook”, “Temperature”,
“Humidity’, “Windy”
·                Lakukan penghitungan Gain utk setiap atributnya

Perhitungan 1

Pada table didapat “HUMIDITY” dengan tingkat gain tertinggi maka akan dijadikan node akar. Humidity memiliki 2 nilai yaitu “HIGH” dan “NORMAL”, karena “NORMAL” pasti bernilai “YES” maka tidak perlu dihitung lagi. Maka perhitungan selanjutnya adalah “HUMIDITY HIGH”.

Perhitungan 2


Pada table didapat “OUTLOOK” dengan tingkat gain tertiggi maka akan dijadikan node cabang dari “HUMIDITY HIGH”. “OUTLOOK” mempunyai 3 nilai yaitu “CLOUDY, “RAINY”, “SUNNY”. Karena “CLOUDY” pasti bernilai “YES” dan “SUNNY” pasti bernilai “NO” maka tidak perlu dihitung. Maka perhitungan selanjutnya adalah “RAINY”.


Perhitungan 3

Pada table didapat “WINDY” dengan tingkat gain tertiggi Maka “Windy” menjadi node cabang dari atribut humidity yg bernilai “High” dan outlook yg bernilai “Rainy”. Berdasarkan atribut “Windy” terdpt 2 nilai yaitu “TRUE” dan “FALSE”. Karena “TRUE” sudah pasti “YES” dan “FALSE” sudah pasti “NO” maka tidak perlu dihitung lagi.

Maka pohon keputusannya adalah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Manajemen Layanan ?