Pohon Keputusan
Nama : Muhammad Alvin Felano
NPM : 14116707
Kelas : 3KA23
Berdasakan
tabel diatas akan dibuat tabel keputusan untuk menentukan main tenis atau tidak
dengan melihat keadaan Outlook , Temperatur, Humidity , dan windy.
- S : himpunan
- A : atribut
- n : jumlah partisi atribut A
- | Si | : jumlah kasus pada partisi ke-i
- | S | : jumlah kasus dalam S
Menghitung Nilai Entropy
Keterangan:
S : himpunan kasus
A : fitur
n : jumlah partisi S
pi : proporsi dari Si terhadap S
S : himpunan kasus
A : fitur
n : jumlah partisi S
pi : proporsi dari Si terhadap S
Perincian algoritma ( langkah 1)
·
Menghitung jumlah kasus seluruhnya, jumlah berkeputusan “Yes”
maupun “No”.
·
Menghitung Entropy dari semua kasus yg terbagi berdasarkan
atribut “Outlook”, “Temperature”,
“Humidity’, “Windy”
·
Lakukan penghitungan Gain utk setiap atributnya
Perhitungan
1
Pada table didapat
“HUMIDITY” dengan tingkat gain tertinggi maka akan dijadikan node akar. Humidity
memiliki 2 nilai yaitu “HIGH” dan “NORMAL”, karena “NORMAL” pasti bernilai “YES”
maka tidak perlu dihitung lagi. Maka perhitungan selanjutnya adalah “HUMIDITY
HIGH”.
Perhitungan 2
Pada table didapat
“OUTLOOK” dengan tingkat gain tertiggi maka akan dijadikan node cabang dari
“HUMIDITY HIGH”. “OUTLOOK” mempunyai 3 nilai yaitu “CLOUDY, “RAINY”, “SUNNY”.
Karena “CLOUDY” pasti bernilai “YES” dan “SUNNY” pasti bernilai “NO” maka tidak
perlu dihitung. Maka perhitungan selanjutnya adalah “RAINY”.
Perhitungan
3
Pada table didapat “WINDY” dengan tingkat
gain tertiggi Maka
“Windy” menjadi node cabang dari atribut humidity yg bernilai “High” dan
outlook yg bernilai “Rainy”. Berdasarkan atribut “Windy” terdpt 2
nilai yaitu “TRUE” dan “FALSE”. Karena “TRUE” sudah pasti “YES” dan “FALSE”
sudah pasti “NO” maka tidak perlu dihitung lagi.
Maka pohon
keputusannya adalah
Komentar
Posting Komentar